Sunday, July 30, 2006

Semangat Heroik Itu akan tetap ada

Minggu kemarin saya menghadiri sebuah acara pelantikan di Aula kantor Walikota Banda Aceh. Yach... seperti layaknya acara-acara lainnya, kami disuguhkan acara-acara hiburan di pembuka acara. Sudah menjadi tradisi, Selain Ranup Lampuan...ada beberapa hiburan lainnya yang cukup enak untuk dinikmati. Hari itu kami disuguhkan Rapa-i. Saya sangat semangat ketika menyaksikan Rapa-i (Salah Satu tarian Aceh yang cukup terkenal). Hiburan ini selain mengandalkan kegesitan para pemainnya mengolah tubuh dan mahir menabuh gendang...tapi juga berisi pesan-pesan moral yang dilantunkan di setiap baitnya. Betul-betul improvisasi yang sangat menakjubkan.
Ada semacam daya tarik pada tarian ini dan setiap bait-bait yang dilantunkan adalah petuah turun temurun dari nenek moyang kami. Petuah yang mengajarkan tentang kebaikan,...termasuk semangat merelakan jiwa dan raga untuk membela kebenaran. Pesan yang sepertinya telah mendarah daging bagi orang aceh.....yach ...saya sendiri kagum
Anda sendiri jika melihat saya jamin 100% akan terpukau....itulah seni orang Aceh. Kembali ke pesan yang sarat makna tersebut, yach...ungkapan-ungkapan yang dituangkan semua mengandung petuah,....seperti halnya hikayat Prang Sabil...karangan ulama besar Teungku Chik Pante Kulu. Saya sempat berfikir mungkin disini letak "Inti kekuatan" orang Aceh.****

No comments: